Begini Mekanisme Penerimaan Murid Baru Di SD Negeri 1 Banda Aceh

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Comments

Begini Mekanisme Penerimaan Murid Baru Di SD Negeri 1 Banda Aceh

Sabtu, 18 Juni 2022

Dailymailindonesia.net, Banda Aceh - SDN 1 Banda Aceh yang beralamat di jln prof.Abdul Majid Ibrahim no.23 Banda Aceh, adalah salah satu sekolah yang paling  banyak diminati oleh warga Kota Banda Aceh.

Sejumlah prestasi telah diraih oleh sekolah tersebut, bahkan banyak alumninya sukses menjadi pejabat baik di lingkup pemerintahan, maupun di instansi TNI dan Polri, maka tak heran banyak orang tua yang ingin anaknya dapat mengenyam pendidikan dibangku sekolah tersebut. 

Menurut kepala SDN 1 Banda Aceh RAMLI, S.pd M.pd yang ditemui oleh media ini, Jum'at, 17 Juni 2022, mengatakan bahwa untuk tahun ajaran 2022/2023, telah selesai dilakukan proses penerimaan calon siswa/siswi baru sesuai dengan Kouta perlokal sebanyak 26 siswa/siswi, Dengan kapasitas kelas l sebanyak tiga lokal. Dan bila ada penambahan Murid baru(pindahan Murid dari daerah lain), Maka kuota akan di tambah maksimal 32 siswa/siswi perlokal. 

Disekolah ini ada empat kuota PPDB Tahun pelajaran 2022 / 2023 untuk bisa diterima menjadi anak didik.

 "Pertama, adalah melalui jalur zonasi yang diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili didalam wilayah  zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah.


"kedua, jalur Afirmasi, diperuntukkan bagi peserta didik baru berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu, penyandang disabilitas dan bina lingkungan.

"ketiga, jalur perpindahan orang tua/wali, diperuntukkan bagi peserta didik dikarenakan pekerjaan orang tua/wali dipindah tugaskan.


"ke empat, jalur prestasi, bagi yang memiliki prestasi akademik dan non akademik, dan tidak berlaku untuk masuk jenjang SD.

Tahapan penjaringan untuk poin(2),(3),dan (4) dilakukan oleh sekolah penerima sesuai mekanisme dan daya tampung yang diberikan, ujar kepala sekolah.

 "Adapun mekanisme seleksi jalur zonasi sebagai berikut ini: seleksi penskoran berdasarkan bobot zonasi domisili yang telah ditetapkan, ditambahkan bobot usia pendaftar, serta bobot tambahan untuk sekolah pilihan pertama, diseleksi berdasarkan urutan pilihan sekolah, apa bila masih ada kuota yang belum terisi, sistem secara otomatis akan menerima calon peserta didik baru luar zonasi/luar kota, jika ketentuan tersebut diatas nilai nya sama,maka didahulukan yang melakukan verifikasi lebih awal.