Jumat, 12 April 2019

BNN RI Canangkan Gampong Lampineung Bersinar, Bupati Aceh Besar Beri Apresiasi


Aceh Besar, Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko Bersama Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mencanangkan Desa Bersih Narkoba (BERSINAR) di Desa Lampineung, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Kamis (11/4/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimda Aceh Besar dan juga para penggiat Anti Narkoba di Aceh Besar.

Bupati Aceh Besar dalam sambutannya mengapresiasi BNN pusat yang telah mempercayakan Gampong Lampineung sebagai pilot project dari program Desa bersinar. “Gampong Lampineung jadi desa pertama yang dinobatkan di Indonesia,” ungkap Mawardi.

Selain itu Mawardi mengingatkan, peredadan narkoba kian hari makin memprihatinkan. Pemerintah daerah, ujarnya, tidak bisa serta merta membasmi narkoba dengan senjata. Butuh bantuan dari seluruh pihak, baik TNI maupun Polri, serta seluruh masyarakat untuk memberantas peredaran barang haram tersebut.
“Kalau ada masyarakat yang bandel tembak saja,” tegas bupati.

Hal senada juga disampaikan Kepala BNN-RI Komjen Pol Heru Winarko, dalam upaya pemberantasan narkoba tidaklah mudah. Namun BNN terus mengupayakan agar setiap desa bisa bersih dari narkoba.

Ia menjelaskan, beberapa contoh subjek pengguna yang menjadi temuan di lapangan. Pengguna narkoba terdiri dari tiga tingkatan. Tingkatan pertama ialah pemula, atau coba pakai yang menjadi temuan terbanyak, yaitu sekitar 57 persen. Yang kedua ialah reaksional, yakni mereka yang sudah mulai mengkonsumsi sekitar satu minggu sekali. Yang ketiga adalah pecandu, yang sudah ketergantungan narkoba. “Yang ketiga ini adalah paling bahaya, kalau sudah pecandu, susah sekali untuk diatasi,” katanya.

Dengan peresmian Desa bersinar, Heru juga berharap di setiap kecamatan minimal ada satu desa yang mendirikan tempat rehabilitasi.

“Mudah-mudahan setelah dari desa ini akan ada desa lain yang menyusul menjadi desa bersinar seperti ini,” katanya.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda