Menghindari Calo?? ini Kata PLT Kadisdukcapil Aceh Tamiang Drs.Rianto Waris


Aceh Tamiang, Dailymailindonesia. Net|-

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tamiang mengeluarkan kebijakan yang baru terkait dengan mengurus administrasi kependudukan dan pencatatan Sipil (Admindukcapil).

Masyarakat kabupaten Aceh Tamiang yang ingin mengurusnya harus diurus sendiri secara mandiri dan tanpa boleh diwakilkan dan atau melalui Calo

PLT Kadisdukcapil Aceh Tamiang Drs. Rianto Waris, membenarkan adanya kebijakan dalam mengurus admindukcapil yang tidak boleh diwakilkan.

Drs Rianto Waris menambahkan Himbauan kepada Masyarakat  dalam pembuatan apapun Paling Lama 14 Hari, bila lewat dari 14 Hari masyarakat bisa membuat surat keberatan, dan atau Langsung antar ke meja PLT Kadisdukcapil di Ruangan atas

Bila kedapatan ada Calo yang mengurus, calo dan pemilik yang di urus oleh calo dikenakan sanksi Pidana oleh Penegak hukum, hal ini disampaikan PLT Kadisdukcapil dirungan kerjanya (20/9/2018) kamis sore.

Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan penulisan nama pada dokumen admindukcapil, dan atau menghindari Pungli

Pada saat warga mewakilkan dalam mengurus admindukcapil, ada kemungkinan bisa terjadi kesalahan dalam penulisan nama, tanggal lahir dan lainnya.

"Untuk itu supaya menghindari kesalahan dalam penulisan Admindukcapil harus diurus langsung oleh yang bersangkutan,dan menghindari Punggutan liar melalui calo, agar Tidak mencoreng nama baik Disdukcapil   Aceh Tamiang, yang selama ini masyarakat Aceh Tamiang beranggapan kami melakukan penggutipan biaya pembuatan KTP, KK dan Lain-Lain " Kata Drs. Rianto Waris

Tambahnya lagi Drs Rianto Waris juga mengatakan kami akan melakukan mobil keliling memakai TOA, memberitahu kepada Masyarakat kabupaten Aceh Tamiang. bahwasannya pembuatan apapun Gratis, di disdukcapil Aceh Tamiang agar masyarakat mengetahui, bisa membuat apapun dengan sendirinya. dan kami akan menambahkan Spanduk Banner di Depan kantor dan di beberapa titik bertulisan 'Calo Taubatlah', "Harapnya Drs Rianto Waris

Meski begitu, masih ada pengecualian saat mengurus admindukcapil. Bila memang tidak bisa yang bersangkutan masih boleh diwakilkan kepada orang tua, ibu dan anak.

"Selain untuk menghindari kesalahan dalam penulisan data dalam dokumen, juga untuk menghindari calo dan pemalsuan yang nantinya bisa disalahgunakan," lanjutnya.

Ditegaskannya bahwa untuk semua pelayanan gratis. Kebijakan mengurus sendiri Adimindukcapil ini bukan untuk mempersulit, tapi untuk menghindari kesalah data.

Selain itu juga untuk mendidik warga akan mandiri, karena yang mengetahui data ingin dibuat adalah yang orang bersangkutan, bukan orang lain.

"Dulu, banyak kesalahan dokumen karena yang mengurus data diwakilkan kepada orang lain, sehingga terjadi kesalahan dalam penulisan data," Tutup (M.Irwan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
DAILYMAIL INDONESIA
DAILYMAIL INDONESIA

Formulir Kontak