Syahrul Ingin Tingkatkan Kualitas SDM Demi Kemajuan Unsyiah

Dailymailindonesia.net, Banda Aceh - Mantan Direktur Rumah Sakit  Zainoel Abidin dan Rumah Sakit Meuraxa dr Syahrul mengatakan, ingin menjadikan perguruan tinggi Unsyiah menjadi Universitas berkelas dunia ditingkat indonesia, Asean dan Dunia, sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang handal.

“Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) itu sangat penting , bagaimana bisa meningkatkan jumlah guru besar  S3, penambahan guru besar sangat diperlukan di sebuah Universitas, kita sekarang punya prodi 131, guru besar cuma 48, kemudian distribusi guru besar itu tidak merata di semua prodi, pada prodi tertentu ada guru besar sedangkan pada prodi tertentu tidak ada guru besar, untuk meningkatan kualitas universitas ini salah satunya jumlah guru besar dan doktor itu harus banyak.” Hal tersebut disampaikan Dr dr Syahrul Sp.S (K) saat mendeklarasikan dirinya maju sebagai calon Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam acara Silaturrahmi dan penyampain rencana pencalonan. Di Hotel Hermes, Banda Aceh, Senin(16/10).

Syahrul mengatakan sekarang ini penelitian sangat kecil biayanya sehingga tidak ada orang minat meneliti, jadi biaya meneliti itu harus ditambah, kemudian hasil penelitiannya itu bisa dipakai dan dimanfaatkan oleh orang  banyak, hasil penelitian itu outputnya dipakai untuk kesejahteraan, lapangan pekerjaan dan sebagainya, biaya penelitian harus dinaikan minimal satu guru besar  1 M setahun, serta dibantu oleh staf penelitinya dari Dosen S3, S2, S1 dan Mahasiswa. Hasil penelitian itu harus bisa dirasakan masyarakat, sehingga slogan Jantong Hate dari Tri Dharma itu sampai ke masyarakat.


“Universitas itu tidak akan bermanfaat kalau tidak dirasakan oleh masyarakat banyak. Jadi Universitas itu sebagai pusat ilmu pengetahuan, pusat penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat, Unsyiah juga harus bisa membangun universitas lain di Aceh sebagai mitra nanti tumbuh bersama, mendidik orang itu tidak mungkin bisa sendiri, makin banyak universitas yang bagus makin cerdas orang tersebut, orang berpendidikan tinggi makin banyak, martabat suatu bangsa salah satunya ditentukan oleh pendidikan.”terang Syahrul.(fan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
DAILYMAIL INDONESIA
DAILYMAIL INDONESIA

Formulir Kontak