Selasa, 28 Februari 2017

ZAINI ABDULLAH : WUJUDKAN KELUARGA SEJAHTERA DENGAN PROGRAM KEPENDUDUKAN, KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA (KKBPK)


Daily Mail Indonesia.co, Banda Aceh - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Provinsi Aceh menggelar acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Aceh, dengan tema "Dengan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kita Tingkatkan Kualitas Manusia Indonesia yang Memiliki Karakter Bangsa Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia". di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Selasa (28/2).

Dalam acara ini juga turut di hadiri Kepala Biro Umum BkkbN Pusat, M. Yani, M.Kes kepala BkkbN Perwakilan Aceh, Pangdam Iskandar Muda, Kepala Biro Humas Setda Aceh, LSM, dan SKPA jajaran Pemerintah Aceh.

Acara tersebut dibuka oleh Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, dalam sambutannya mengatakan, upaya mewujudkan keluarga sejahtera merupakan langkah penting guna menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan.

Menurut Zaini, salah satu langkah untuk mewujudkan harapan itu adalah dengan menjalankan program kependudukan dengan baik. Fakta membuktikan, kesuksesan program kependudukan berbanding lurus dengan kualitas sumber daya manusia.

"Sebaliknya, kedalam mengelola kependudukan akan berdampak buruk pada pembangunan kesejahteraan keluarga," terang Zaini.

Ia mengungkapkan, pada masa lalu, Indonesia pernah cukup berhasil menjalankan program Keluarga Berencana yang banyak mendapat pujian dari dunia Internasional.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Aceh senantiasa mendorong agar pemerintah kabupaten/kota di seluruh Aceh turut ambil bagian dalam kegiatan revitalisasi Program KB di daerah masing-masing.

"Revitalisasi Program KB bukan hanya mengendalikan jumlah kelahiran penduduk tetapi juga meningkatkan kualitas penduduk. Upaya Itu sebenarnya cukup memberi hasil. Terbukti selama dua tahun terakhir ini program KB yang dijalankan BkkbN di berbagal wilayah di Aceh mulai manuai hasil," tambahnya. 

Meski demikian menurutnya, langkah ini harus ditingkatkan Iagi agar upaya mengendalikan pertumbuhan penduduk sesuai dengan harapan. 

Dalam hal ini diharapkan BkkbN Aceh dapat berdiri di garis depan dalam menjalankan program kependudukan.

“Pemerintah Aceh tetap mendukung program ini, sehingga kita berharap kebijakan KB dapat menyentuh hati dan mendorong kepedulian masyarakat Aceh," harap Zaini.

Sementara Kepala BkkbN Aceh, dr M Yani M.Kes mengatakan, tujuan Rakerda ini adalah untuk meningkatkan komitmen para pengelola program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) untuk mewujudkan target sasaran tahun kedua RPJMN dan RENSTRA BkkbN 2015-2019 guna mewujudkan Nawacita.

“Kami berharap melalui Rakorda Program KKBPK Provinsi Aceh tahun 2017 ini, mari kita sinkronisasi arah kebijakan dan pengembangan kegiatan prioritas Program KKBPK, Khususnya Provinsi Aceh, serta kita perkuat sinergitas lintas sektor antara pemerintah dan pemerintah daerah, serta segenap pemangku kepentingan dan mitra kerja dalam pelaksanaan Program KKBPK di Aceh.”tutup dr M Yani.(irfan)

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda